PROPOSAL SANTUNAN ANAK YATIM DAN DHUAFA

          PROPOSAL
SANTUNAN YATIM DAN DHUAFA
"MENDORONG MEMBERI MAKAN FAKIR MISKIN"

                                                                                                    
MAJELIS TA’LIM HANIFATUNNISA
Sekretariat :
Jalan Sabeni No.27 RT.018 RW.012, Kebon Melati,

Tanah Abang – Jakarta Pusat





KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillahirahmanirrohim

            Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya kepada kita. Semoga kita menjadi manusia yang selalu bersyukur atas nikmat dan karunia-Nya untuk beribadah kepada Allah SWT sebagai mana yang telah Allah perintahkan dalam Al-Qur’an dan Hadist Rasulullah SAW. Sesuai firman Allah SWT, dalam Q.S Az-Zariyat (51) ayat 56 “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku”.
            Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada manusia pilihan Allah SWT, yakni Nabi Muhammad SAW, kepada istri-isrinya, keluarganya, serta kepada sahabat-sahabatnya dan kepada orang-orang beriman yang senantiasa mengikuti ajaranya hingga akhir zaman. Aamiin.
            Sahabat Dermawan yang dimuliakan Allah SWT.
            Sesungguhnya Allah SWT, telah memerintahkan kepada ummat manusia untuk saling tolong-menolong dan bantu membantu dalam hal kebaikan, yang kuat membantu yang lemah, yang kaya membantu yang miskin, yang mampu membantu yang tidak mampu dalam suasanan kekeluargaan dan kasih sayang, sehingga tercipta kehidupan yang harmonis, sejahtera lahir dan batin dalam kehidupan bermasyarakat. Menolong sesama manusia wajib hukumnya bagi orang orang orang yang mampu , terlebih lagi terhadap para yatim, janda, dhuafa, yang ada disekitar kita. Sesuai dengan firman Allah dalam Q.S At-Taubah (9) ayat 71 “ Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah bagi yang mungkar, melaksanakan sholat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rosul-Nya. Mereka akan di beri rahmat oleh SWT. Sesungguhnya Allah maha perkasa lagi maha bijaksana”.
            Dengan itu kami dari Majelis Ta’lim Hanifatunnisa mengadakan kegiatan “Santunan Yatim dan Dhuafa” dalam upaya untuk menbatu dan mensejahterakan para yatim dan dhuafa dalam hal material maupun non material. Serta sebagai wujud kepedulian terhadap sesama khususnya anak-anak yatim dan piatu serta kaum dhuafa. Maka kegiatan ini sangatlah penting guna mengingatkan hak hak anak yatim, janda, kaum dhuafa serta menubuhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan.
            Mengingat pentingnya kegiatan ini, maka kami harapkan bantuan dari sahabat Dermawan untuk membantu dalam hal materil demi kelancaran terselenggaranya kegiatan Santunan Yatim dan Dhuafa ini.
            Harapan kami, bahwa kegiatan ini menjadi acuan bagi sahabat Dermawan untuk berbagi dan mendonasikan sebagian rizki yang telah Allah SWT berikan dan membantu kami dalam mensukseskan kegiatan Santunan Yatim dan Dhuafa ini.
            Sahabat Dermawan yang di muliakan Allah, mari kita berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, sebagaimana firman Allah dalam Q.S Al-Baqarah (2) ayat 148 “...Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Dimana saja kamu berada maka Allah akan mengumpulkan kamu sekalian ( pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”. Semoga harta yang sahabat Dermawan belanjakan di jalan Allah, Allah catat sebagai amal sholehnya serta sebagai tabungan di akhirat. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh








A.    LATAR BELAKANG KEGIATAN

            Manusia sebagai makhluk hidup mempunyai kebutuhan yang bersifat fisik dan non fisik. Kebutuhan itu tidak dapat dihentikan  selama hidup manusia untuk mencapai kebutuhan itu, satu sama lain saling ketergantungan. Manusia sebagai makhluk sosial tidak mungkin dapat hidup seorang diri manusia membutuhkan kawan atau orang lain. Oleh karen itu, manusia perlu saling hormat menghormati, tolong menolong dan saling membantu dan tidak boleh saling menghina , menzalimi, dan merugikan orang lain.
            Dalam upaya menanamkan kepekaan untuk saling tolong menolong, kita dapat membiasakan diri dengan menginfakan atau memberikan sebagian rezeki yang kita peroleh meskipun sedikit, seperti memberikan santunan kepada yatim, piatu, janda dan kaum dhuafa serta mencari upaya mengentaskan kemiskinan di masyarakat. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S Al-Isra (17) ayat 26 “ Dan berikanlah hak kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin...”.
            Kemudian Allah memerintahkan kita untuk memperhatiakan hak – hak anak yatim dan fakir miskin sesuai dengan Q.S  Al-Maa’un (107) ayat 1-3 “Tahukah kamu orang yang mendustakan agama, yaitu orang yang menghardik anak yatim (tidak menghiraukan) dan enggan memberi makan orang miskin”.
            Jadi kita di perintahkan untuk selalu memperhatikan anak yatim dari segala aspek kebutuhan dan juga memberi makan orang miskin. Dengan berdasarkan Q.S Al-Maa’un (107) ayat 1-3 tersebut , kami mengajak sahabat Dermawan marilah kita keluarkan sebagian dari rezeki yang ada pada kita untuk menyantuni anak yatim, janda, dhuafa yang ada disekitar kita, karena mereka semua adalah tanggung jawab kita bersama.
            Harta yang Allah anugerahkan itu semua hanyalah titipan dari Allah SWT, sebagaimana firman Allah Q.S Al-Hadid (57) ayat 7 “... Nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman diantara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar”.
            Pada hakikatnya harta itu milik Allah, hamba tidaklah memiliki apa-apa melainkan apa yang Allah ridhoi. Siapa saja yang menginfakan harta dijalan Allah, maka itu sama halnya dengan seseorang yang yang mengeluarkan harta orang lain dengan seizin-Nya. Dari situ ia akan mendapatkan pahala yang melimpah dan amat banyak.
            “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dengan dan Dia-lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (Q.S Saba’: 39)

B.     LANDASAN HUKUM
Firman Allah SWT.
·         “Tahukah kamu orang yang mendustakan agama, yaitu orang yang menghardik anak yatim (tidak menghiraukan) dan enggan memberi makan orang miskin” (Q.S  Al-Maa’un (107) ayat 1-3)
·         “ Dan berikanlah hak kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin...” (Q.S Al-Isra (17) ayat 26)
·         “...Harta apa saja yang kamu infakan, hendaknya di peruntukan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin, dan orang dalam perjalanan...” (Q.S Al-Baqarah (2) ayat 215)
·         “...Dan berbuat baiklah kepada orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat / jauh , teman sejawat dan ibnu sabil yang kamu miliki...” (Q.S An-Nisa’ (4) ayat 36)
·         “Dan mereka memberi makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan” (Q.S Al-Insaan (76) ayat 8)
·         Sekali-kali tidak ! bahkan kamu tidak memuliakan anak yatim dan kamu tidan saling mengajak memberi makan orang miskin sedangkan kamu memakan harta warisan dengan cara mencampur baurkan (yang halal dan yang haram) dan kamu mencintai harta yang berlebihan” (Q.S Al-Fajr (89) ayat 17-20)




C.    TUJUAN KEGIATAN
·         Memberikan hak fakir miskin dengan cara memberikan sedekah, disayangi, dikasihi dan membantu meringankan beban penderitaannya. Sesuai dengan Q.S Al-Isra (17) ayat 26 dan Q.S Al-Fajr (89) ayat 17-20).
·         Memuliakan anak yatim. Sebagaimana yang di perintahkahkan dalam (Q.S An-Nisa’ (4) ayat 36).
·         Menumbuhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan.
·         Upaya mengentaskan kemiskinan
·         Memupuk pribadi yang baik bebagi dan berkasih sayang terhadap sesama
·         Mempererat persaudaraan sesama muslim saling membantu dalam beramal baik.
·         Menjadi fasilitator yang amanah bagi kaum aghnia (mampu) dan kaum yatim dan dhuafa.

D.    NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Nama kegiatan            : Santunan Yatim dan Dhuafa
Tema Kegiatan            : “ Mendorong Memberi Makan Fakir Miskin"

E.     WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Waktu Kegiatan          :  25 Ramadhan 1438 H
Tempat kegiatan          : Jalan Sabeni No. 27 RT.018 RW.012, Kelurahan Kebon
                                      Melati Kecamatan Tanah Abang – Jakarta Pusat




F.     SASARAN KEGIATAN

Anak Yatim dan Kaum Dhuafa disekitar daerah Tanah Abang – Jakarta Pusat.

G.    ESTIMASI BIAYA

* Terlampir

H.    SARANA PENYALURAN DANA

·         Rekening Panitia
Bank                            : BRI
Nomor Rekening         : 6013012368596760
Atas Nama                  : Evi Aspianih
*Catatan : setelah melakukan transfer, harap segara melakukan konfirmasi
·         Kontak Person
1. Siti Parmiati : 0812 1074 7344
2. Evi Aspianih: 0812 8874 7464

I.       SUSUNAN PANITIA

*Terlampir

J.      SUSUNAN ACARA

*Terlampir

K.    PENUTUP

            Demikianlah proposal ini kami sampaikan, dengan harapan kegiatan Santunan Yatim dan Dhuafa ini dapat terlaksana dan berjalan dengan lancar dan menjadi saranan untuk meningkatkan rasa kepedulian antar sesama yang membutuhkan.
            Sahabat Dermawan yang di muliakan Allah SWT, dalam Q.S Al-Baqarah (2) ayat 261,
“Perumpamaan orang yang menginfakan hartanya di jalan Allah, seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Allah kehendai, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui”.
            Jazakallah khoiran katsiran atas partisipasi dari sahabat Dermawan, semoga harta yang sahabat keluarkan di jalan Allah, tercatat sebagai amal sholeh dan di balas oleh Allah dengan yang lebih baik. Aamiin yaa Rabb.











Komentar

  1. Assalammualaikum warohmatullah....izin copy pak / bu

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum... izin copy ya pak mohammad

    BalasHapus
  3. assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
    afwan izin coppy ya pak /ibu

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wr. wb. .... izin copy pak mohammad. terimakasih

    BalasHapus
  5. assalamu alaikum... izin copy artikel ini.. untuk 27 muharrom 1440.. nnti tgl 8 oktober 2018.. trima kasih

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum wr. wb. izin copy ya pak

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum. Ijin copy ya pak.. mudah2an bermanfaat dan menjadi amal baik bagi bapak atas ilmunya..

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum wr. wb. izin copy ya pak

    BalasHapus
  9. Mohon izin mengcopy ya pak. Makasih

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum mohon ijin untuk meng copy ya pak...terimakasih

    BalasHapus
  11. Assalam mualaikum. Mohon ijin mengcopy y pa. Utk kegiatan santunan anak yatim n dhuafa🙏

    BalasHapus
  12. Asslamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, izin copy ya kak. semoga jadi amal jariyyah. jazakallah

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum... Alhamdulillah memudahkan... Ijin Copy ya pa....

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum izin copas ya pak ..

    BalasHapus
  15. afwan ijin copas yaa...jazakumullaah khoir

    BalasHapus
  16. assalamualaikum, izin copy yaa

    BalasHapus
  17. assalamualaikum, izin copy yaa

    BalasHapus
  18. Asslamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, izin copy ya kak. semoga jadi amal jariyyah. jazakallah

    BalasHapus
  19. assalamualaikum, izin copy yaa

    BalasHapus
  20. assalamualaikum, izin copy yaa

    BalasHapus
  21. Assalamualaukum
    Izin copy ya pak...

    BalasHapus
  22. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, izin copy yaa bpk/ibu. Jazakallah khoiran

    BalasHapus
  23. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. semoga nilai kebaikan ini sellu allah catat.. aamiin

    BalasHapus
  24. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, izin copy yaa bpk/ibu. Jazakallah khoiran

    BalasHapus
  25. assalamu alaikum, afwan.....izin copy ya pak. jazakalloh khairon

    BalasHapus
  26. Mohon ijin copas utk santunan anak yatim bln Ramadhan tahun ini

    BalasHapus
  27. izin copas untuk kegiatan ramadhan

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum izin copas untuk kegiatan ramadhan ya

    BalasHapus
  29. assalamu'alaikum, maaf saya izin copas ya

    BalasHapus
  30. Assalamu'alaikum ... Izin Copy ya Bpk/Ibu ... Semoga berkah tulisan nya ...

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum izin copas yah, semoga dimudahkan segala urusannya aamiin

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum
    Mohon izin copas, terima kasih. Semoga jadi amal jariyyah

    BalasHapus
  33. assalamu'alaikum, ijin copas ya

    BalasHapus
  34. Asslamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, izin copy ya kak. semoga jadi amal jariyyah. jazakallah

    BalasHapus
  35. assalamualaikum...izi copy nggeh





    BalasHapus
  36. Assalamu'alaikum,, Izin Copy Ya Mas,, Terima Kasih..

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum warahmatullahi Wabarokaatuh..Afwan izin copy ya...

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum warahmatullahi Wabarokaatuh..Afwan izin copy ya.. semoga bermanfaat sebagai amal jariah

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum Wr. Wr. Afwan izin copy ya Ka semoga menjadi berkah

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum Wr.Wb Afwan izin copy ya kak . mtrnwn. semoga bermanfaat dan barokah

    BalasHapus
  41. Assalamu'alaikum warahmatullahi Wabarokaatuh.. Afwan izin copy ya ...

    BalasHapus
  42. Ijin copy untuk taklim di kamping ane ya min

    BalasHapus
  43. Assalamu'alaikum mohon ijin copy ya pak jazakallohu khoiron katsiro

    BalasHapus
  44. izin copy untuk santunan

    BalasHapus
  45. assalamualaikum wr wb. admin mohon ijin untuk copy nggih...

    BalasHapus
  46. Assalamu'alaikum wr wb. Izin copy ya, ukh. Syukran Jazakillah khairan

    BalasHapus
  47. assalamualaikum. izin copy yh ka

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum .. mohon ijin mengcopy. Semoga jadi amal kebaikan

    BalasHapus

Posting Komentar