Belajar Pada Bunga Ayelir

~ Belajar Pada Bunga Anyelir ~

Pernah denger bunga ini ? Pernah menemui meraka?
Mungkin sebagian dari orang masih asing dengan salah satu jenis bunga ini.

Carnation dengan nama latin Dianthus Caryophyllus atau yang biasa disebut Anyelir.

Tidak ada yang meragukan keindahan bunga anyelir ini, bahkan di negara Spanyol bunga ini sebagai bunga nasional negara tersebut. Padahal faktanya bunga ini bukan berasal dari negara tersebut melainkan dari negara Kolombia tepatnya di Bogota, adalah tempat pertama kali ia tumbuh sekaligus negara penghasil Carnation terbanyak dibandingkan negara-negara lainnya. Namun anehnya, Carnation bukan lah simbol negara Kolombia, malahan Spanyol, Monako dan Slovenia yang mengenakannya.

Di indonesia sendiri peminat bunga ini pun cukup banyak dan harga untuk satu tangkai bunga anyelir ini saja relatif mahal di bandingkan dengan bunga lainnya. Bunga anyelir di bandrol dengan harga sekitar Rp. 75.000, / tangkai. Namun hanya sedikit saja yang mau membudidayakan bunga ini, karena untuk membudidayakannya memang relatif rumit tetapi ketika kita sudah tahu ilmu dan cara yang benar ini tidak lagi sulit. Selain itu budidaya bunga anyelir ini sangat memiliki peluang besar di pasar indonesia sendiri terlebih permintaan yang tinggi dan masih sedikit yang membudidayakannya. Selain sebagai hiasan bunga anyelir ini pun ternyata memiliki manfaat sebagai tanaman herbal. Diantaranya bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan serta untuk pembuatan parfum.

- Belajar pada Bunga Anyelir -

Sama halnya dalam kehidupan, kita semua tahu bahwa hidup di dunia itu hanyalah sementara dan tempat tinggal sesungguhnya adalah Akhirat. Kita semua tahu bahwa kita akan bertemu dengan kematian, dan kematian itu NYATA ! Namun hanya sebagian kecil dari kita yang  mempersiapkan datangnya kematian tersebut (termasuk sy sendiri).

“… Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.” [Qs Al-Mukmin: 39]

Dan untuk mempersiapkan kematian itu kita perlu banyak membaca buku pedoman kehidupan yaitu Al-Qur'an.
"Al-Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang menyakini." – (QS.45:20)


Tapi masih sedikit yang mau mempelajarinya dan mengamalkannya. Padahal Al-qur'an adalah satu satunya petunjuk untuk kita yang di turunkan oleh Allah swt untuk menunjukan bagaimana kita pulang nanti, apa saja persiapan yang harus kita siapkan, dan apa yang harus kita lakukan selagi menunggu kematian itu tiba.
Kita tahu bahwa banyak sekali manfaat dan pelajaran yang bisa kita ambil dari Al-qur'an ini tapi kita masih takut untuk mempraktekanya dalam kehidupan sehari-hari.


Kerena apa? Karena kita tidak mau repot? Bukan begitu?... kita terlalu mengikuti hawa nafsu...


Perumpamaan ini sama halnya dengan Bunga Anyelir bukan? Kita tahu bunga itu indah dan meliki banyak manfaat dan keuntungan tapi karena terlalu sulit untuk membudidayakanya banyak orang yang tidak mengambil kesempatan itu sebagai sebuah peluang.


Sama halnya dengan Al-Qur'an, kita tahu bahwa Al-Qur'an adalah petunjuk dan pedoman hidup tapi masih banyak diantara kita yang tidak mau belajar dan memahami ayat ayat Allah swt ini. Padahal Al-Qur'an adalah petunjuk kita untuk kembali kepada Allah swt. Lalu ketika kita tidak mau memahami dan mengamalkanAl-Qur'an bagaimana kita bisa bertemu dengannya? Ketika kita tidak menggunakan pedoman yang benar apakah kita akan menemukan jalan yang benar? Tentunya tidak kan?


Yukk dari sekarang kita gunakan petunjuk yang telah di turunkan Allah swt, pahami dan amalkan, agar kita bisa bertemu dengannya di akhirat kelak...


Lets hijrah.... tanpa tapi tanpa nanti.. 😊

@diarycemon

Komentar